Analisis Pelaksanaan Senam Kegel Terhadap Penyembuhan Luka Episiotomi Pada Ibu Postpartum di Kota Bengkulu

Authors

  • Des Metasari Universitas Dehasen Bengkulu
  • Sianipar Berlian Kando Universitas Dehasen Bengkulu
  • Dyah Tepi Rahmawati Universitas Dehasen Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.47859/jmu.v9i02.385

Keywords:

Senam kegel, Luka episiotomi, Postpartum

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Tindakan episiotomi pada ibu postpartum akan menimbulkan luka yang menjadi resiko terjadi infeksi dan perdarahan postpartum yang dapat menjadi fakor penyebab peningkatan Angka Kematian Ibu (AKI), sehingga proses penyembuhan luka menjadi hal penting untuk mengurangi resiko tersebut. Senam kegel dapat membantu proses penyembuhan luka karena melancarkan sirkulasi darah dan oksigen ke dalam otot dan jaringan disekitar, seperti perineum sehingga mempercepat proses penyembuhan luka. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis (hubungan) senam kegel terhadap proses penyembuhan luka episotomi pada ibu postpartum di kota Bengkulu. Metode: Penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan analisis crossectional, sampel dalam penelitian ini ibu postpartum normal yang mengalami luka episiotomi di kota Bengkulu tahun 2022 yang berjumlah 40 orang, diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, lama senam 20 menit selama 7 hari dengan frekuensi 1 kali/hari. Hasil: Sebagian besar ibu postpartum dengan episiotomy tidak melakukan senam kegel, Sebagian besar mengalami proses penyembuhan luka > 7 hari. Ada hubungan anatara senam kegel dengan penyembuhan luka episiotomy pada ibu postpartum normal yang terjadi episiotomy dengan Pvalue 0,013. Simpulan: Terdapat percepatan proses penyembuhan luka episiotomi pada ibu posprtum yang emlakukan senam kegel, sehingga dapat disarankan pada ibu postpartum untuk melakukan senam kegel untuk membantu perbaikan jaringan yang luka akibat tindakan episiotomi.

References

Antini, Ari, Irna trisnawati, dkk. 2016. Efektivitas Senam Kegel Terhadap Waktu Penyembuhan Luka Perineum Pada Ibu Post Partum Normal. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara FORIKES vol 7 No.4. https://forikes-ejournal.com/index.php

Basuki Dwi, Farida Luluk. Gambaran prosses penyembuhan luka perineum pada ibu nifas hari ke 1 sampai 14 di BPS Umi Nadifah Pelintahan .

Bobak, Lowdermilk, & Jensen. (1995). Maternal Nursing 4th edition. Mosby, Philadelphia, Chapter:7.

Dahlan, Sopiyudin. (2010). Langkah-Langkah Membuat Propos Penelitian Bidang Kedokteran Dan Kesehatan. Sagung Seto : Jakarta.

El-Mekawy, Hanan S, El-Lythy and Adel F, El Begawy. (2013). Effect of Abdominal exercises verusu Abdominal Supporting belt on Post Partum Abdominal Effeciency and Rectus separation.

Golmakani, N., Zare, Z., Khadem, N., Shareh, H., & Shakeri, M. T. (2015). The effect of pelvic floor muscle exercises program on sexual self-efficacy in primiparous women after delivery. Iranian journal of nursing and midwifery research, 20(3), 347-53.

Hasnidar. 2018.

Hilda Yani Karo-Karo, Sri Yunita Parngin angin, dkk. 2022. Senam Kegel Sebagai Upaya Mengurangi Nyeri Luka Perineum Pada Ibu Nifas Di Klinik Bersalin Pera Simalingkar B Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 03 No 02 Agustus 2022,. https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/pengabdian

Maryunani, A. 2015. Perawatan luka seksio caesarea (SC) dan luka kebidanan terkini. Jakarta : TIM

Prawirohardjo, Sarwono, 2011. Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT Bina Pustaka

Profil Dinkes Kota Bengkulu. 2022.Laporan Kinerja Tahunan Dinkes Kota Bengkulu

Purwoastuti. E &Walyani. Asuhan Kebidanan Masa Nifas &. Menyusui. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Ridhyanti Annisa. 2013. Hubungan antara senam kegel dengan penyembuhan luka jahitan perineum pada ibu post partum normal. STIKes Aisyiyah Bandung.

Sulala, Anis (2021). Hubungan senam Kegel dengan penyembuhan luka Perineum di PMB Sri Puji U.W S.Tr.Keb di Sampang (Thesis). stikesnhm.ac.id.

Ulfah M. (2016). Effektivitas Kombinasi Latihan Otot Dasar panggul dan Perut terhadap Involusio Uteri pada Ibu Nifas. Jurnal Ilmiah Kebidanan, Volume 7, Nomor 2, Desember 2016, Halaman 127-135.

Walyani, Elisabeth Siwi, dkk, 2015. Asuhan Kebidanan Masa Nifas dan Menyusui.

Yogyakarta:Pustaka Baru Press

Yulia Fitri, Eka.dkk.2019. Pengaruh Senam Kegel terhadap Penyembuhan Luka pada ibu

Downloads

Published

2023-10-31